Friday 24 April 2015

7 Keutamaan Sholat Dhuha



Sholat Dhuha adalah sholat sunnah muakkadah (sangat dianjurkan) yang dikerjakan mulai saat matahari naik (kira-kira jam 07.00) hingga menjelang waktu dzuhur (jam 11.30), jumlah rakaatnya ada yang mengatakan 2 rakaat hingga 12 rakaat, sholat dhuha memiliki keutamaan dan keistimewaan yang besar, berikut ini adalah 7 keutamaan sholat dhuha :

1. Pahalanya seperti memberikan sedekah

Dari Abu Dzar radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma'ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha." (HR. Muslim) 

2. Sholat Dhuha adalah salah satu wasiat Nabi SAW

Dari Abu Darda radhiallahu anhu, dia berkata, "Kekasihku Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah berwasiat kepadaku tentang tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidak tidur sebelum aku menunaikan (shalat) Witir." (HR. Muslim)

3. Dicukupkan kebutuhan Kita oleh Allah SWT

 “Diriwayatkan dari Nu‘aim bin Hammar a bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah bersabda, Allah SWT berfirman, ‘Wahai anak Adam, janganlah kamu merasa lemah (kehilangan kesempatan) untuk beribadah kepada-Ku dengan cara mengerjakan shalat empat rakaat di awal waktu siangmu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu di akhir harimu’.” (HR. Abu Dawud)

Tentang kalimat ’Aku akan penuhi dirimu’ Imam as-Sindi menjelaskan ada beberapa kemungkinan makna :
  1. Aku cukupi dirimu sehingga terhindar dari kecelakaan dan segala musibah
  2. Aku cukupi dirimu dengan diberikan penjagaan dari dosa dan ampunan terhadap perbuatan dosa yang dilakukan di hari itu.
  3. Aku cukupi dirimu dalam segala hal
 4. Dibangunkan Sebuah Rumah Di Surga

Diriwayatkan dari Anas secara marfu‘, “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak dua belas rakaat, maka Allah f akan membangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.”

5. Pahalanya sama seperti Haji dan Umrah

Dari Anas bin Malik radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Siapa yang shalat Fajar berjamaah, kemudian duduk untuk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya bagaikan pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna." (HR. Tirmizi, no. 586, dinyatakan hasan oleh Al-Albany rahimahullah dalam Shahih Sunan At-Tirmizi)

6. Diampuni Segala Dosa-Dosa Kita

 “Diriwayatkan dari Abu Hurairah a bahwa Rasulullah n bersabda, ‘Barangsiapa memelihara pelaksanaan shalat Dhuha yang genap jumlah rakaatnya, maka diampunilah dosa-dosanya, sekalipun banyaknya laksana buih lautan’.” (HR. Tirmidzi)

7. Sholatnya Orang-Orang Awwabiin

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali para Awwabin” beliau mengatakan: “Shalat Dhuha adalah shalatnya para Awwabin”(HR. Ibn Khuzaimah dalam Shahihnya no. 1224, Hakim dalam Mustadrak 1182 dan dihasankan al-A’dzami)

Awwabiin berasal dari kata Awwab, artinya orang yang kembali. Disebut Awwabin, karena mereka adalah orang yang kembali kepada Allah dengan melakukan ketaatan.

Itulah 7 keistimewaan sholat Dhuha bagi umat Islam, setelah mengetahui keistimewaannya tentu sangat sayang jika melewatkan sholat dhuha setiap harinya, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah keimanan dan pengetahuan kita semua

0 comments:

Post a Comment