Friday 24 April 2015

7 Tanda Kematian Yang Husnul Khotimah


Meninggalkan dunia dalam keadaan husnul khatimah tentu adalah yang diinginkan para umat Islam yang beriman, karena itulah kebaikan dan kabar gembira bagi mereka. Untuk mengetahui tanda-tandanya, akan ada ulasannya seperti di bawah ini yang telah disebutkan di dalam kitab Ahkamul Jana’iz wa Bidauha oleh Al-Imam Al-Albani rahumahullahu.

1. Syahadat Diucapkan Ketika Akan Meninggal

Hal ini disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari dalil hadits Muadz bin Jabal radhiyallahu anhu bahwa kalimat ‘La ilaaha illallah’ diucapkan di jelang kematian orang tersebut, maka ia akan masuk surga.
2. Waktu Meninggal Dunia Adalah Pada Siang Atau Malam Hari Jumat

Ini juga merupakan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari dalil hadits Abdulla bin Amr radhiyallahu anhuma yang menyebutkan bahwa tidak seorang umat Islam pun yang meninggal pada malam Jumat atau hari Jumat kecuali orang tersebut akan dijaga Allah dari fitnah kubur.
3. Ada Keringat di Kening Ketika Meninggal

Disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bahwa meninggalnya seorang mukmin yaitu dengan munculnya keringat di bagian kening atau dahi. Diceritakan bahwa Buraidah ibnul Husnaib radhiyallahu anhu menengok saudara yang sakit di Khurasan dan didapatinya saudaranya itu hampir meninggal namun berkeringat di dahinya, ia kemudian teringat akan sabda Rasulullah tersebut.
4. Orang yang Meninggal Berada di Jalan Allah

Meski tidak bisa membaca tanda-tanda kematian pada umumnya, namun tanda-tanda husnul khatimah ini bisa dilihat, seperti seseorang dianggap syahid apabila mati atau terbunuh di jalan Allah.
5. Meninggal Disebabkan Membela Diri dan Membela Agama

Disebutkan juga oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dikatakan bahwa seseorang dianggap syahid apabila berani mempertaruhkan nyawa untuk membela keluarga dan agamanya, serta mempertahankan darah dan hartanya.
6. Meninggal Karena Mempertahankan Harta Seperti yang Telah Disebutkan Sebelumnya

Ini salah satu dari tanda-tanda husnul khatimah yang juga dikatakan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Seseorang datang bertanya kepada Rasulullah tentang jika ada seseorang yang ingin merampas harta, dan dijawablah oleh Rasulullah supaya jangan menyerahkan harta tersebut. Ia bertanya lagi tentang bagaimana jika ia diserang oleh si perampok, dan Rasulullah mengatakan untuk melawannya. Lalu ia bertanya lagi tentang bagaimana jika ia berhasil membunuhnya dan Rasulullah menjawab bahwa orang tersebut syahid, namun apabila ialah yang membunuh perampok tersebut, Rasulullah hanya menjawab bahwa perampok itu akan ada di neraka.
7. Dalam Keadaan Beramal Shalih Lalu Meninggal

Hal ini juga merupakan termasuk tanda-tanda kematian dalam husnul khatimah yang disabdakan Rasulullah oleh Hudzaifah radhiyallahu. Seseorang yang meninggal akan masuk surga apabila mengucapkan La ilaaha illallah karena tengah mengharapkan wajah Allah yang menutup hidup orang tersebut dengan amal. Disebutkan juga bahwa melakukan sedekah karena mengharapkan wajah Allah, akan masuk surga juga.

0 comments:

Post a Comment