Friday 3 April 2015

7 Kuliner Indonesia Yang Mendunia

1. Sate

Di Kota New York, Amerika Serikat, sate dijual dengan menggunakan food truck, ide ini di peroleh Martin Setiantoko yang berasal dari Malang untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di negara paman Sam tersebut. Setelah bekerja sekian lama, ia lalu mengembangkan usaha satenya dengan bermodalkan tabungan hasil bekerja sebagai pencuci piring, bisnis satenya lambat laun semakin maju dan pembelinya harus mengantri untuk mencicipi sate buatannya, sate buatannya dibanderol USD 9 atau Rp 118.687 (jika USD 1 = Rp 13.187).

2. Bika Ambon



Kue ini disebut Bika Ambon karena pertama sekali dijual & popular di simpang Jl Ambon – Sei Kera Medan. Bika ambon dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Medan, Sumatera Utara. Di Belanda, bika ambon dijual dengan harga yang mahal. Menurut data Kemendag, harga rata-rata kue khas Medan itu mencapai EUR 8,5 (Rp 106.192) per 600 gram.

3. Rendang
 
Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International, setelah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, rendang  semakin diminati masyarakat luar negeri. Ini terlihat dari pesanan rendang kema­san yang laris manis di Amerika, Eropa, Hongkong, Australia maupun Timur Tengah.

4. Nasi Goreng



Nasi Goreng menjadi salah satu makanan favorit Presiden Amerika Barrack Obama, nasi goreng juga menjadi salah satu makanan terlezat dunia setelah rendang, ada berbagai macam jenis nasi goreng, pada umumnya nasi goreng di olah dengan menggunakan kecap manis, bawang merah, bawang putih garam, dengan dicampur telur, ayam, ati ampela, ikan asin, kerupuk maupun tambahan bumbu lainnya.

5. Gado-Gado 



Gado-gado dikenal juga dengan sebutan Indonesian Salad, karena terbuat dari sayur-sayuran yang dilumuri kacang tanah dan gula jawa yang telah dihaluskan denga irirsan telur dan bawang goreng diatasnya menambah nikmat bagi siapa saja yang mencicipinya, gado-gado dapat dimakan dengan lontong ataupun nasi, gado-gado juga memiliki kandungan serat yang tinggi sangat cocok untuk vegetarian.


6. Bakso


Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Makanan Bakso Indonesia menjadi hidangan favorit dalam Bazar Amal tahunan yang diselenggarakan oleh Asian Diplomats Spouse Association (ADSA)-The Asian Food & Craft Bazaar, bertempat di Hotel Conrad, Kairo.

7.  Soto Ayam


Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. kemudian di isi dengan campuran bahan seperti daging ayam atau sapi, bawang goreng, mie, telur, kerupuk, tomat, dan banyak lainnya.

0 comments:

Post a Comment